traveller docter

traveller docter

Who am I??

last I was a general practitioner in Borneo, working at a timber company in the middle of the forest that are still green, here I see so many people who still need the reach of the hands of a doctor, the doctor who is ready to serve to those in need. Now I study for a mental health medicine, cause health is about mind.. body.. and soul.

Sabtu, 02 April 2011

6 Nutrisi Penting

6 NUTRISI PENTING

HIDRAT ARANG
Fungsi utama hidrat arang adalah sebagai penghasil energi, dimana 1 gram hidrat arang akan menghasilkan 4 Kkal (Kilo kalori). Tubuh menggunakan hidrat arang sebagai sumber tenaga utama. Bila konsumsi hidrat arang kurang memenuhi kebutuhan, maka sumber tenaga lain yang akan digunakan adalah lemak dan protein. Jika mengkonsumsi hidrat arang secara berlebih, maka kelebihan hidrat arang tersebut akan disimpan tubuh dalam bentuk lemak.

Hidrat arang bentuk sederhana antara lain madu, gula dan produknya seperti sirup, selai, juga minuman bersoda, yang jika dikonsumsi secara berlebih mudah menyebabkan berat badan bartambah.
Hidrat arang bentuk kompleks antara lain adalah beras, umbi umbian, jagung, sagu, tepung terigu, roti, pasta, buah buahan. Hidrat arang bentuk kompleks tersebut memerlukan waktu lebih lama untuk diproses dibandingkan bentuk sederhana.

PROTEIN
Fungsi protein terutama untuk pembentukan jaringan, pengganti sel sel yang rusak, membentuk sel darah, sebagai pembentuk enzim dan hormone yang penting dalam proses metabolisme. Protein tidak dapat disimpan dalam tubuh, bila mengkonsumsi protein berlebihan, maka. akan dibuang melalui urin, dan akan membebani ginjal. Oleh karena itu tidak dianjurkan mengkonsumsi protein secara berlebihan. Kebutuhan protein yang dianjurkan kurang lebih adalah 0,8-1 gram / kgBB / hari. didapatkan dari kacang hijau, produk kacang kedele seperti tempe dan tahu, kacang merah, kacang tanah dan produknya seperti oncom.

LEMAK
Lemak merupakan penghasil energi kedua setelah hidrat arang. Di dalam pemecahannya, lemak akan menghasilkan 9 Kkal. Selain sumber energi, lemak juga diperlukan sebagai pelarut vitamin A, D, E, K.

Lemak yang berasal dari hewan mengandung kolesterol, sedangkan yang berasal dari tumbuh tumbuhan tidak mengandung kolesterol. Pola makan Indonesia mempunyai perbandingan lemak antara 20-25 % dari total kalori yang dibutuhkan.

VITAMIN, MINERAL DAN AIR
Vitamin dibutuhkan dalam proses pembakaran, sedangkan mineral dan air berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Kebutuhan dapat dipenuhi apabila kita cukup mengkonsumsi air, sayur-sayuran, dan buah-buahan yang berwarna. Vitamin berfungsi membantu berbagai proses metabolisme, daya tahan tubuh, proses pertumbuhan dan pembentukan sel-sel baru. Vitamin yang larut dalam air, yaitu vitamin B dan C, bila dikonsumsi secara berlebihan akan dibuang bersama urin. Sedangkan vitamin yang larut dalam lemak, yaitu vitamin A, D, E, K jika dikonsumsi secara berlebihan maka akan ditimbun dalam tubuh dan dapat menyebabkan hipervitaminosis.

Mineral berfungsi sebagai pembentuk jaringan tubuh, tulang, enzim dan hormon, juga sebagai pengatur berbagai proses metabolisme, keseimbangan cairan tubuh, proses pembekuan darah, kepekaan saraf, serta kontraksi otot. Mineral sebagai zat pembangun adalah Ca, P, Mg, S. Mineral sebagai zat pengatur adalah Na, K, Cl. Mineral lain yang diperlukan dalam jumlah sedikit adalah F, Fe, Mn, Cu, Zn, J.

Tidak ada komentar: